DATA PENGUNJUNG

Website counter

MISKONSEPSI

Setiap manusia berpikir, begitulah alaminya seorang manusia sampai - sampai ada seorang filsuf Prancis yang bernama Rene Descartes mengatakan "cogito ergo sum" yang berarti "Aku berpikir maka aku ada".
Proses berpikir adalah hal yang lumrah, alami, dan normal. Cara berpikir seseorang menentukan bagaimana jadinya orang tersebut, orang yang berpikir besar maka akan menjadi 'besar' orang yang berpikir sempit maka hanya akan menjadi orang yang 'kerdil'....(baca selanjutnya)

MENYIKAPI ANAK KRITIS
Anak yang banyak bertanya menandakan kritis, cerdas, dan kreatif. Tapi banyak orang yang tak sabar, lalu bagaimanakah dengan Anda?

Hari Rabu pagi saya mengajar IPA di kelas 4 tentang energi. Seperti biasanya, setelah diberi arahan tentang yang akan dipelajari, saya biasa menugaskan siswa untuk membaca terlebih dahulu. Sepuluh menit berlalu, tiba – tiba siswa mulai ada yang bertanya “Pak Guru, listrik terbuat dari apa?”, mendapat pertanyaan demikian tentu saja saya berpikir cukup keras untuk mencari jawaban. Karena tidak mungkin saya jawab dengan teori listrik maka saya arahkan siswa dengan tanya jawab tentang dinamo sepeda. Akhirnya siswa yang bertanya tadi pun diam, seolah seperti sudah terpenuhi jawabannya.

Ternyata perkiraan saya salah...baca selanjutnya

Selasa, 10 Mei 2011

Kesalahan Ejaan Penulisan Nama Bulan Februari dan November


Pada saat siswa menulis nama bulan baik ketika sedang pelajaran Bahasa Indonesia maupun pelajaran yang lain, masih sering didapati penulisan nama bulan Pebruari dan Nopember.
Penulisan nama bulan Pebruari dan Nopember tidaklah tepat karena kedua kata ini bukan bentuk baku. Mengapa bukan bentuk baku?
Kata Pebruari dan Nopember berasal dari Bahasa Inggris February dan November, jadi kedua kata ini merupakan kata serapan dari bahasa asing.
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menyamakan tulisan dan pengucapan, tidak seperti Bahasa Inggris, penulisan dan pengucapan berbeda jauh sekali. Jadi untuk menyerap bahasa asing menjadi bahasa Indonesia kaidah yang digunakan adalah kesamaan antara pengucapan dan penulisan serta semirip mungkin dengan bentuk asli.
Bentuk baku bulan tersebut menjadi Februari dan November.

Jika nama bulan aslinya adalah February dan November, mengapa di masyarakat kita bisa muncul dalam bentuk Pebruari dan Nopember?
Dirgo Sabariyanto di dalam buku Bahasa Surat Dinas halaman 42 menjelaskan tentang asal penamaan Pebruari dan Nopember seperti berikut ini (Dirgo Sabariyanto adalah seorang peneliti pada Balai Penelitian Bahasa di Yogyakarta) :
“Mengapa sampai ada kata Pebruari dan Nopember serta Februari dan November? Ceritanya sebagai berikut. Kita mengetahui bahwa para nenek dan kakek kita umumnya belum berpendidikan tinggi. Oleh sebab itu, mereka belum dapat mengucapkan bunyi – bunyi (fonem) yang mereka anggap masih bunyi asing, yaitu /f/ dan /v/. Kedua bunyi itu mereka ganti dengan bunyi miliknya, yaitu /p/. Karena kita sudah terpelajar dan bunyi /f/ dan /v/ milik kita, kedua bunyi itu harus kita gunakan. Artinya, kita tidak perlu mengganti kedua bunyi itu seperti nenek dan kakek kita.“

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa bentuk baku kedua nama bulan adalah Februari dan November bukan Pebruari dan Nopember.


Referensi
Sabariyanto, Dirgo.1998.Bahasa Surat Dinas.Mitra Gama Widya:Yogyakarta

3 komentar:

  1. Baiklah kalau begitu, tapi kalau sudah penulisannya Pebruari dan Nopember bagaimana? Apa yang di komputer penulisannya sudah sesuai/baku?

    BalasHapus
  2. Untuk menentukan baku tidaknya suatu kata maka kita harus merujuk pada standar EYD sebagaimana yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata Pebruari dan Nopember tidak ada dalam KBBI, hal ini berarti kedua kata tersebut tidak baku. Lihat KBBI online di (http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi) atau di halaman (http://kamusbahasaindonesia.org).

    Penulisan nama bulan di komputer, mungkin maksud pertanyaan adalah penamaan bulan di sistem operasi komputer seperti windows/ linux/ macintosh.
    Penamaan bulan di sistem operasi komputer jika tidak sesuai KBBI, tentu tidak baku. Contoh di Windows 7, pada date and time setting meski sudah disetel Indonesia tetapi nama bulan masih Februari dan Nopember (lihat pada jam komputer). Nopember saja yang tidak baku.

    Kalau penulisannya sudah terlanjur Pebruari/ Nopember?
    Ejaan di sistem operasi komputer tentu tidak dapat diganti, paling kita hanya dapat memberikan saran kepada pihak produsen sistem operasi agar merevisi sistem operasi yang menggunakan ejaan sesuai dengan bahasa baku kita.

    Tetapi jika penulisan pada aplikasi word prosesor seperti Microsoft Office Word/ Kingsoft Office/ Open Office, tinggal diedit saja. Atau jika ingin otomatis pembetulan, gunakan Auto Correct.

    BalasHapus
  3. dipusingkang dengan penulisan ijazah..... kalau bakunya Februari dan November, kenapa penulisan pada akte kelahiran ada yang memakai kata Pebruari dan Nopember.????? berarti tukang ketik di dinas pembuatan akta lahir perlu ditatar lagi..... TKs

    BalasHapus