DATA PENGUNJUNG

Website counter

MISKONSEPSI

Setiap manusia berpikir, begitulah alaminya seorang manusia sampai - sampai ada seorang filsuf Prancis yang bernama Rene Descartes mengatakan "cogito ergo sum" yang berarti "Aku berpikir maka aku ada".
Proses berpikir adalah hal yang lumrah, alami, dan normal. Cara berpikir seseorang menentukan bagaimana jadinya orang tersebut, orang yang berpikir besar maka akan menjadi 'besar' orang yang berpikir sempit maka hanya akan menjadi orang yang 'kerdil'....(baca selanjutnya)

MENYIKAPI ANAK KRITIS
Anak yang banyak bertanya menandakan kritis, cerdas, dan kreatif. Tapi banyak orang yang tak sabar, lalu bagaimanakah dengan Anda?

Hari Rabu pagi saya mengajar IPA di kelas 4 tentang energi. Seperti biasanya, setelah diberi arahan tentang yang akan dipelajari, saya biasa menugaskan siswa untuk membaca terlebih dahulu. Sepuluh menit berlalu, tiba – tiba siswa mulai ada yang bertanya “Pak Guru, listrik terbuat dari apa?”, mendapat pertanyaan demikian tentu saja saya berpikir cukup keras untuk mencari jawaban. Karena tidak mungkin saya jawab dengan teori listrik maka saya arahkan siswa dengan tanya jawab tentang dinamo sepeda. Akhirnya siswa yang bertanya tadi pun diam, seolah seperti sudah terpenuhi jawabannya.

Ternyata perkiraan saya salah...baca selanjutnya

Selasa, 10 Mei 2011

Kesalahan Penulisan Tanggal Surat


Ketika siswa praktik menulis surat, biasanya siswa masih banyak yang bingung bagaimana cara menulis tanggal surat, meskipun sudah diajarkan cara penulisan surat secara detail, tetapi masih sering dijumpai penulisan tanggal surat seperti berikut ini :
1.Cilacap, Tanggal 20 April 2011
2.Cilacap, 12 April ‘11
3.Cilacap. 30 – 03 – 2011

Bentuk penulisan tanggal di atas tidaklah tepat, penulisan tanggal di atas dapat diperbaiki sehingga menjadi seperti berikut :
1.Cilacap, 20 April 2011
2.Cilacap, 12 April 2011
3.Cilacap, 30 Maret 2011

Secara lengkap kaidah untuk menulis tangal surat adalah sebagai berikut: (Dirgo Sabariyanto halaman 41)
  1. Bagian tanggal surat dutulis dua kali kaitan mesin ketik dari garis pemisah kepala surat dengan bagian surat lainnya.
  2. Kata tanggal tidak perlu ditulis
  3. Nama tempat instansi tidak ditulis karena sudah tercantum pada kepala suarat
  4. Angka tahun ditulis lengkap
  5. Nama bulan ditulis dengan huru
  6. Penulisan nama bulan jangan disingkat misalnya Bulan Januarai disingkat Jan.
  7. Pada akhir baris tidak dibubuhkan tanda titik
  8. Spasinya tidak dijarang – jarangkan
  9. Tidak perlu dibubuhkan garis bawah
  10. Huruf awal nama bulan ditulis dengan huruf kapital


Referensi
Sabariyanto, Dirgo.1998.Bahasa Surat Dinas.Mitra Gama Widya:Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar