DATA PENGUNJUNG

Website counter

MISKONSEPSI

Setiap manusia berpikir, begitulah alaminya seorang manusia sampai - sampai ada seorang filsuf Prancis yang bernama Rene Descartes mengatakan "cogito ergo sum" yang berarti "Aku berpikir maka aku ada".
Proses berpikir adalah hal yang lumrah, alami, dan normal. Cara berpikir seseorang menentukan bagaimana jadinya orang tersebut, orang yang berpikir besar maka akan menjadi 'besar' orang yang berpikir sempit maka hanya akan menjadi orang yang 'kerdil'....(baca selanjutnya)

MENYIKAPI ANAK KRITIS
Anak yang banyak bertanya menandakan kritis, cerdas, dan kreatif. Tapi banyak orang yang tak sabar, lalu bagaimanakah dengan Anda?

Hari Rabu pagi saya mengajar IPA di kelas 4 tentang energi. Seperti biasanya, setelah diberi arahan tentang yang akan dipelajari, saya biasa menugaskan siswa untuk membaca terlebih dahulu. Sepuluh menit berlalu, tiba – tiba siswa mulai ada yang bertanya “Pak Guru, listrik terbuat dari apa?”, mendapat pertanyaan demikian tentu saja saya berpikir cukup keras untuk mencari jawaban. Karena tidak mungkin saya jawab dengan teori listrik maka saya arahkan siswa dengan tanya jawab tentang dinamo sepeda. Akhirnya siswa yang bertanya tadi pun diam, seolah seperti sudah terpenuhi jawabannya.

Ternyata perkiraan saya salah...baca selanjutnya

Jumat, 06 Mei 2011

Pertanyaan : Bagaimana Cara Mengoperasi Kanker Otak? Apakah Mata Dicukil Dahulu?


Kanker merupakan penyakit yang umum sekarang, apabila 20 tahun lalu kanker masih penyakit langka maka sekarang penyakit ini sudah akrab sebagaiman halnya influenza.
Pertanyaan tentang kanker diajukan oleh beberapa siswa yang dilatarbelakangi karena ada tetangga siswa yang meninggal akibat kanker.
Sebelum kita menjawab bagaimana mengoperasi kanker otak, lebih baik kita jelaskan dahulu tentang pengertian kanker, setelah itu baru diberikan gambaran cara mengobati kanker hingga operasi kanker.

Tubuh kita terdiri dari jutaan sel yang menjadi kesatuan. Pada awalnya kita berasal dari dua sel yaitu sel sperma ayah dan sel telur ibu. Setelah pembuahan terjadi antara sel sperma dan sel telur, sel ini berkembang pesat makin lama makin banyak di dalam rahim ibu .
Di dalam rahim ibu, ada sekelompok sel yang membentuk mata, ada sel yang bergabung membentuk hidung, ada sel yang membentuk tangan, membentuk kaki, membentuk mulut dst, sehingga makin lama organ tubuh makin lengkap sampai membentuk yang kita namakan dengan bayi.
Bayi yang normal memiliki dua tangan dengan lima jari pada masing – masing, bayi normal memilki dua bola mata, dua telinga, dua kaki dll.
Pada orang yang menderita kanker, pertumbuhan sel tidak normal. Kalau bayi normal memiliki sepasang kaki yang bentuk, besar, ukuran normal maka pada penderita kanker, kaki bisa menjadi seperti yang ada dalam gambar berikut ini.
Pertumbuhan sel yang tidak normal bisa terjadi pada semua tingkatan umur. Ada bayi yang dalam kandungan kena kanker, ada balita yang kena kanker, ada remaja yang kena kanker ada pula orang yang sudah lanjut usia terkena kanker.
Kanker diberi nama sesuai dengan bagian tubuh yang diserang. Bila kulit yang kena serangan kanker, maka disebut dengan kanker kulit, bila tulang yang kena serangan kanker maka disebut dengan kanker tulang, bila darah yang kena kanker maka disebut dengan kanker darah, dan apabila kanker menyerang otak maka disebut dengan kanker otak.
Kanker otak menyerang otak yang berada di kepala. Otak yang terserang kanker pertumbuhannya tidak normal. Otak normal memiliki ukuran yang sesuai dengan besar kepala tiap orang, jadi tidak akan ada orang normal memiliki otak sebesar gajah sedangkan ukuran kepalanya sebesar kucing. Pada orang yang terkena kanker/ tumor otak, sel pada otak berkembang tidak wajar, makin lama makin banyak sehingga ukuran otak menjadi membesar.
Ukuran otak yang makin lama makin besar tidak diimbangi dengan ukuran kepala (tengkorak) .
Seiring dengan berkembangnya tumor tersebut, jaringan otak akan semakin tertekan. Padahal volume rongga tengkorak sangat terbatas dan tidak mungkin bertambah besar. Inilah yang menjadikan sakit kepala / pusing sebagai gejala awal kanker otak.
Ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Misalnya kepala pusing atau terasa mual. Berikut gejala kanker otak yang patut diwaspadai (http://kankerotak.org):
sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
daya penglihatan berkurang
penurunan kesadaran atau perubahan perilaku
gangguan berbicara
gangguan pendengaran
gangguan berjalan / keseimbangan tubuh
gangguan saraf
anggota gerak melemah atau kejang
pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol
gejala di atas hanya merupakan gejala. Walaupun seseorang mengalami satu atau lebih gejala di atas, belum tentu terkena kanker otak. Untuk memastikan seseorang terkena kanker maka harus diperiksa langsung oleh dokter ahli syaraf serta menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.
Setelah diketahui apakah seseorang menderita kanker barulah orang tersebut menjalani pengobatan antara lain
Pembedahan
Membuang bagian yang terkena kanker dengan dioperasi
Radioterapi
Membunuh sel kanker dengan sinar radiasi
Kemoterapi
Membunuh sel kanker dengan obat kimia.
Terapi lain yang dilakukan di klinik pengobatan

Kanker otak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebabnya bisa satu atau lebih, dan secara umum dapat dibagi menjadi dua kategori:
Faktor dari dalam
Faktor ini adalah yang datang dari dalam diri sendiri. Yang utama adalah faktor keturunan / genetik. Jika ada sanak saudara yang punya riwayat menderita kanker otak, berarti peluang untuk terkena kanker otak lebih besar daripada mereka yang keluarganya tidak ada penderita kanker otak.
Faktor kedua yang dapat memicu terjadinya kanker otak adalah riwayat benturan (jika kepala pernah terbentur). Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak (yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak).

Faktor dari luar
Merupakan faktor yang datang dari luar tubuh, pada umumnya berupa makanan dan radiasi. Obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus berpotensi menyebabkan kanker. Faktor-faktor lainnya:
Pola hidup yang kurang sehat: misalnya merokok, makanan berlemak, kurang serat, dsb.
Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan
Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker
Setelah pengertian kanker diberikan kepada siswa barulah diceritakan bagaimana dokter bedah melakukan operasi pembuangan sel kanker. Silahkan lihat video pembedahan kanker otak di youtube dengan alamat: http://www.youtube.com/watch?v=K0FirQ0HOm0 (Bagi Anda yang tidak tahan melihat darah dan pembedahan, mohon tidak mengklik video berikut ini)



Download artikel ini

Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Brain_tumor
http://kankerotak.org/
http://www.google.co.id/search?q=kanker+otak&hl=id&client=firefox-a&hs=GRq&rls=org.mozilla:en-US:official&prmd=ivnsbl&source=lnms&tbm=isch&ei=uYKtTb-LPIn0tgOAvrWSAw&sa=X&oi=mode_link&ct=mode&cd=2&ved=0CBQQ_AUoAQ&biw=1280&bih=710

Tidak ada komentar:

Posting Komentar